Jumat, 31 Oktober 2008

BAKAT atau USAHA

Bakat atau Effort (Usaha)??

Pertanyaan yang td sore ampe agak malem gw bahas ma dua temen gw di tangga double helix. Mana sih yang lebih baik antara BAKAT atau EFFORT?? Buat gw Effort itu lebih baik, sedangkan buat tmen gw yg kacrut Bakat yang utama (gw ga tau apa ini gara2 dia punya bakat ato males berusaha).

Menurut loe (oang2 yg baca blog ini) mending pinter ato rajin?? Apa sih bedanya pinter ato rajin?? Pinter itu bisa memahami hal yang bisa dipahami orang rajin dalam waktu 3 menit hanya dalam waktu 3 detik aja. Bingung?? Gini, kalo ada 1 orang pinter dan 1 orang rajin, orang rajin butuh waktu 3 menit untuk memahami 1 hal dan orang pinter hanya butuh 3 detik untuk memahami hal yang sama.

Di atas adalah analogi untuk BAKAT dan USAHA, pinter mencerminkan BAKAT sedangkan rajin mencerminkan USAHA. Sekarang, ada ga sih hal yang ga bisa dipahami orang pinter?? Jawabannya ada!! Tapi, ada ga hal yang ga bisa dipahami orang rajin?? Jawabannya GA ada!! Mengapa?? kalo orang pinter dikasih suatu masalah yang harus dipahami tapi dia ga berUSAHA sedikit pun untuk memahami masalah itu, maka dia ga akan pernah mengerti. Tapi kalo orang rajin dikasih masalah yang sama, dia akan berUSAHA keras buat memahami masalah itu. Jadi kuncinya adalah KEINGINAN!!

Orang berbakat tanpa keinginan untuk maju ga akan dapet hasil apa-apa, tapi orang ga berbakat tapi punya keinginan untuk maju, mau berUSAHA bakal dapet hasil bagus walau (mungkin) kurang maksimal. Jadi, yang bagus sebenarnya adalah orang berbakat yang mau berusaha, punya keinginan. Tapi masalahnya, biasanya dalam realita orang yang merasa punya bakat pasti males berusaha. So, kesimpulan yang gw ambil lebih baik jadi orang yang punya keinginan tinggi buat maju daripada orang berbakat yang males mengembangkan talenta yang dia miliki.

Contoh lain : soal ngedapetin cewe. Td gw berdiskusi panjang lebar soal ini. Soal 1 orang tanpa modal apa2, cuma sekedar suka dan banyak omong versus orang yang merasa punya segalanya tapi males berusaha mana yang lebih baik?? Apakah banyak omong dianggap sudah berusaha?? Dari hasil diskusi yang gw tangkep sih dua-duanya sama2 buruk. Tau deh mana yang lebih bagus. Yang pasti yang lebih baik menurut gw adalah orang tanpa modal apa2 tapi rela berkorban apa aja buat ngedapetin cewe idamannya, masalahnya dari bahan yang dibuat diskusi ga ada spesifikasi seperti ini, kacau deh...

Yang paling bener itu, contohya Bill Gates manusia terkaya ketiga di dunia ini salah satu orang yang diberkati IQ paling tinggi sedunia (170 cuy!!), DO dari Harvard, tapi mampu membangun perusahaan super : Microsoft. Dia ga nyia2in bakat yang dia punya tapi dia pake buat keuntungan dirinya sendiri walau tanpa gelar apapun akibat DO dari Harvard. Contoh ni orang!! Bikin bakat yang udah ada dalem diri lu bisa berkembang!! Ayo MAJU!! Show your GUTS!! Will Power!!

3 komentar:

Alfonso Rodriguez mengatakan...

will power... kyk si homo aje lu... hehehe

*ada manusia sampah, demen ama cewe tapi braninya cuma ngomong ke orang laen... freak, kacrut... jgn kesinggung y yg baca...*

hehehe

Anonim mengatakan...

Hahaha... Nicely done ^^

Setiap orang dilahirkan dengan potensi'kepintaran' yang berbeda-beda.

Ada yg pintar dalam matematika, fisika, kimia. Ada juga orang yang pintar dalam urusan sosial, networking, nyari cewe, dll.

Nah, seringkali kita tuh membandingkan diri dengan orang lain, tanpa menyadari kalo kita punya kelebihan yang TIDAK dimiliki oleh orang lain.

Yang paling penting adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Maksimalkan kelebihan kita, dan perbaiki kekurangan kita.

Caranya?

Sesuai dengan yang lu tulis bro, USAHA ^^

avd77juve mengatakan...

Sesuai ma kata2 bung Thomas Alva Edison, "1% bakat dan 99% kerja keras" jadi bakat emang diperlukan tapi kerja keras yang menentukan segalanya...