Senin, 27 Oktober 2008

Pemuda - Dalam Rangka 80 tahun Sumpah Pemuda

PEMUDA

pemuda ke mana langkahmu menuju

apa yang membuat engkau ragu

tujuan sejati menunggumu sudah

tetaplah pada pendirian s'mula


di mana artinya berjuang

tanpa sesuatu pengorbanan

ke mana arti rasa satu itu


reff: bersatulah semua seperti dahulu

lihatlah ke muka

keinginan luhur

kan terjangkau semua


pemuda mengapa wajahmu tersirat

dengan pena yang bertinta belang

cerminan tindakan akan perpecahan

bersikanlah nodamu semua


masa depan yang akan tiba

menuntut bukanya nuansa

yang s’lalu menabirimu pemuda


repeat reff



Ini lirik lagu....
Pertama kali dipopulerkan tahun 1979 oleh sebuah band bernama Chaseiro (beberapa menyebut Cheseiro) kemudian tahun 2005 lagu ini diremake oleh para personel AFI plus Rio Febrian dan karena kekaguman akan lagu ini kelas 3PD SMA St. Aloysius Bdg angkatan lulus 2006 kembali meremake lagu ini diiringi oleh guru Matematika tercinta (ini kelas gw, Guru Matnya Pa Irwan).

Buat gw lagu ini (sumpah) enak bgt..., melodi dan nada2nya melantun indah, pokoknya sip deh. Yg penasaran lagunya kaya apa gw punya versi 1979nya ama versi 3PDnya (sama2 enak), tinggal hubungi gw aja.... Sayang gw ga punya yg versi AFI (pernah denger sih, enak jg lah)

Berhubung besok tanggal 28 Oktober 2008 adalah ulang tahun Sumpah Pemuda yg ke-80 gw jadi inget lagu ini....

Gw ngerasa gw pemuda Indonesia ( gw ga tau klo yg baca ngerasa begitu ato ga akan gw dan dirinya ndiri) tp lirik lagu ini mengajak gw untuk berpikir tentang arti pemuda sebenarnya...

Kita pemuda yang dianggap sebagai landasan pembangun bangsa saat ini sepertinya sudah tidak layak disebut begitu. Kebanyakan dr kita hanya memikirkan kepentingan diri sendiri maupun kelompoknya sendiri. Itu yg gw liat di lingkungan gw (terutama lingkungan TK 06 ITB, mengacu pada blog tmen gw). Banyak orang oportunis, mau menang sendiri, merasa senang di atas penderitaan orang lain. Gmn bisa ngebangun bangsa klo yg dipikirin maunya ndiri??

Lirik lagu ini mengkritik orang2 macem itu, pemuda2 yang udh hilang arah. BERSATU donk!!! Kita udh 63 tahun merdeka, tp masih gini2 aja, smua gara2 generasi mudanya lambat berkembang. Contohnya bulutangkis kita, klo regenerasinya lambat, ga ada prestasi yang bs diraih. Sumpah Pemuda sebagai awal, titik tolak perjuangan setelah Kebangkitan Nasional oleh Budi Oetomo menuju kemerdekaan. Sekarang di ulang tahunnya yang ke-80 saatnya bagi kita para pemuda kembali BERSATU, membangun bangsa di atas kemerdekaan ini. Agar Indonesia makin maju, tidak lagi dikatakan negara tertinggal, bangsa tertindas oleh bangsa2 barat. Titik tolaknya dari kita, PEMUDA!!!

Jadi buat anak2 TK 06, berubah donk!!! (sori ya klo ada yg sakit hati)

5 komentar:

Alfonso Rodriguez mengatakan...

Mudah2an nurani beberapa orang yg setebal beton ini bisa ketembus... Cuma susah, karena emang nuraninya dari batu... Klo salah ga pernah mau ngaku...

Denger ga tuh woi??? Kaum borjuis???

avd77juve mengatakan...

Buat anak 3PD ini nostalgia, kapan nih ngumpul2 lagi?? Sori kmaren2 ga bs ikut pesta klas dll...

Buat Pa Irwan, apa kabar Pak?? Stelah ga d Aloy lg gmn kbarnya?? Trima kasih buat pelajran Mat ama ilmu hidupnya n iringan gitarnya untuk lagu ini...

Triple D mengatakan...

la...la...la

numpang lewat dre

Anonim mengatakan...

Yg penting telinga dibuka lebar2 untuk menerima segala masukan...

Nice post dre ^^...

Anonim mengatakan...

hi there, saya numpang ngopi liriknya. thanks ya :)