Minggu, 09 November 2008

Il Pinturicchio-Happy Birthday


Buat para penggemar sepakbola umumnya sepakbola internasional, dan Eropa khususnya pasti pernah denger yang namanya Alessandro del Piero (klo ga pernah denger sih cupu abiz...), legenda hidup yang masih aktif bermain ini menjabat sebagai kapten di klub terbesar Italia, Juventus. Dan hari ini, tepatnya 9 November 2008 dia merayakan ulang tahunnya yang ke-34.



Ini sedikit biografi singkat dari sang anak emas Juve :

Lahir dengan nama lengkap Allesandro del Piero di Conegliano Veneto, Italia 9 November 34 tahun silam. Terlahir dari pasangan Gino seorang tukang listrik dan Bruna seorang ibu rumah tangga, Ale kecil pada awalnya bermain di posisi penjaga gawang di tim AC San Vendemiano. Hal itu disebabkan ibunya berpikir bila ia bermain sebagai penjaga gawang maka ia tak akan berkeringat dan resiko untuk cedera kecil, tapi sang kakak meyakinkan ibunya bahwa Alex bagus dalam menyerang, maka sejak saat itu ia beralih posisi. Umur 13 tahun ia direkrut oleh Padova, tim profesional pertamanya, tahun 1991 ia bermain sepuluh kali ia mencetak gol profesional pertamanya.

Dua tahun dihabiskannya Padova, tahun 1993 ia direkrut Juve, dan bermain di sana sampai saat ini. Debut Serie A pertamanya adalah laga melawan Foggia tahun 1993, di pertandingan kedua melawan Reggiana ia mencetak gol pertamanya untuk Juve, dan saat pertama kali turun sebagai starter saat lawan Parma ia mencetak hattrick.

Nicname Pinturicchio diambil dari candaan Gianni Agnelli saat membandingkan Ale dan Baggio (Roberto) seperti Pinturicchio pelukis zaman Renaissance dengan gurunya Perugino, oleh para fans Juve ia juga disebut "Il Fenomeno Vero" atau Sang Fenomena Sejati ("The Real Phenomenon"). Walau diibaratkan seperti guru dan murid dengan Baggio, tapi kehadirannya dalam tim jugalah yang menyebabkan Baggio dijual ke Milan pada tahun 1996.

Banyak rekor sudah digenggamnya, dia pencetak gol terbanyak di Juve yakni 247 gol, dan sudah memainkan 557 pertandingan resmi bersama Juve. Kesetiaannya tak diragukan, saat Juve harus terdegradasi ke Serie B akibat skandal Calciopoli ia tetap setia bersama Juve, bahkan memimpin Juve kembali ke Serie A dengan menjadi top skorer Serie B, setahun kemudian ia kembali memimpin skuad Juve untuk meraih peringkat 3 Seie A + menjadi tpo skorer dengan raihan 21 gol. Bahkan ia rela dipotong gajinya agar bisa tetap memperpanjang kontrak dengan Juve.

Dalam kehidupan pribadinya ia menikah denga Sonia Amoruso, adik dari mantan tandemnya di Juve Nicola Amoruso. Pernikahan mereka terjadi pada tahun 2005 setelah bersama-sama sejak 1999. Tahun 2007 tepatnya tanggal 22 Oktober, Ale dikaruniai anak pertama yang dinamainya Tobias del Piero.

Sekarang di penghujung karirnya sebagai pesepakbola dia seperti mendapat angin baru, permainannya kembali ke puncak, 2 golnya ke gawang Madrid pada pertandingan Liga Champion 2008/2009 matchday 4 tanggal 5 November 2008 membuktikan kualitasnya sebagai seorang legenda, standing ovation para pendukung Madrid mengesahkan hal itu.

Maju terus Sang Pelukis Kecil, Bueno Anniversari, Happy Birthday!!!

FORZA JUVE...

1 komentar:

avd77juve mengatakan...

Yang muda yang berprestasi, tapi yang ultah yang nyetak gol, dan yang tua yang jago...