Minggu, 15 Maret 2009

Kisah Si Ayam Kate

Lagi2 mw konfirmasi, cerita ini tidak ada sangkut pautnya dengan siapa pun. Kesamaan nama, tempat, dan peristiwa tidak disengaja dan tidak ada maksud apapun dalam penulisan cerita ini.

Alkisah di sebuah peternakan ayam, isinya ada ayam kate, ayam boiler, ama ayam petelur. Mereka sebenarnya dibagi2 dalam bagian2nya masing2, maksudnya punya kandang masing2. Tapi klo waktu istirahat juga suka digabung bareng2, klo dah sore dan para ayam udah mulai rabun mereka digiring masuk ke kandangnya masing2.

Ayam kate tuh punya sifat jago kandang, klo pas lagi ada di kandangnya sendiri ngerasa jagoan, nantangin ayam2 yg laen, klo di luar kandang kacrut. Ayam boiler senengnya bersenang-senang, makan, dan menggemukan diri, karena yang paling gemuk pasti jadi pujaan, dipuji sesama ayam dan peternak yang bakal motong ayam ini. Klo ayam petelur, yang jantan sih biasanya diem aja, ngumpulin tenaga buat membuahi si betina agar telur yang dihasilkan banyak, na klo yang betina sukanya jalan2, ngerumpi, dan melakukan kegiatan kebetinaan yang lainnya.

Dikisahkan disini ada seekor ayam kate yang songongnya minta ampun klo lagi ada di kandangnya, ayam kate yg lain aja minggir dah, tp klo dah dikeluarin dari kandangnya dia jadi kicut, pengecut, penakut, dll, intinya cupu lah. Nah si ayam kate ini paling takut ama dua ekor ayam petelur betina. Dua ayam betina ini galak dan cukup ketat dalam hal kebersihan kandang, baik kandang mereka sendiri, kandang ayam2 lain, maupun kandang saat mereka digabung bersama. Singkat cerita, kedua ayam betina ini agak geuleuh ma ni ayam kate yang suka jorok.

Suatu ketika saat jam istirahat semua ayam dikeluarkan dari kandangnya oleh para peternak. Ada yang bersantai, ada yang bergosip dan ngerumpi, ada yang maen kejar2an, dan lain2 lah, pikirkan sendiri kegiatan yang mungkin dilakukan ayam saat sedang istirahat. Nah, si ayam kate yang kacrut ini kan penakut, biasanya dia nyumput, mojok, menjauh dari kawanan yang lain, terutama menjauh dari tatapan dua ekor ayam petelur betina yang biasanya berkeliaran mengawasi kebersihan tempat kandang mereka itu, istilahnya mirip inspeksi lah.

Kebetulan saat itu si ayam kate kebelet pengen BAB (tau juga sih masalahnya BAK dan BAB ayam kan keluar dari tempat yang sama, jadi agak sulit menjabarkan keinginan si ayam kate, pokonya pengen buang kotoran). Karena takut ama kedua ayam betina yang galak2 itu, si ayam kate ga berani buang sembarangan, harus di tempat tersembunyi. Maka si ayam kate mengendap2 mencari tempat yang pas buat buang kotoran. Sampailah ia di dekat kandang ayam boiler. Merasa aman si ayam kate membuang kotorannya. Tanpa disangka di situ ada beberapa ayam boiler yang sedang menikmati waktu luang mereka dengan asyik, istilahnya ayam2 boiler ini sedang menikmati "quality time" mereka lah. Melihat si ayam kate buang kotoran di dekat2 situ mereka pun berteriak2, berkokok2 dengan meriahnya. Keributan ini memancing kedatangan salah satu dari dua ekor ayam petelur betina yang sedang patroli di dekat situ. Ketika si ayam betina datang dilihatnyalah si ayam kate dan beberapa ayam boiler sedang berkumpul di situ, dan di dekat mereka ada kotoran. Marahlah si ayam betina, si ayam kate dan beberapa ayam boiler yang ada di dekat situ kena getahnya semua.

Si ayam kate yang tertangkap basah, ayam boiler ikut kena getahnya. Sebenernya sih kemarahan si ayam petelur betina ini harusnya buat si ayam kate yang jorok ini, tapi ayam2 boiler yang tak bersalah itu ikut kena marah juga. Intinya sih, tu ayam2 boiler ada di tempat dan waktu yang salah. Tinggal sekarang bagaimana cara para ayam boiler yang tidak bersalah ini minta maaf ke ayam betina dan membuktikan bahwa semua ini adalah kesalahan si ayam kate. Selamat berjuang!

7 komentar:

Anonim mengatakan...

w-e-w
wew
udah nyaris beres kok, ayam betina biasanya gak pendendam
jadi ayo kita makan ayam,hahaha

Anonim mengatakan...

siapa bilang ayam betina tidak pendendam?

avd77juve mengatakan...

ada dua anonim bertengkar di blog gw, wkwkwk....

Alfonso Rodriguez mengatakan...

yg pertama itu (% ya? yg kedua )# kan?

(kepo)

udah jgn berantem... yg waras yg ngalah... hahaha

Alfonso Rodriguez mengatakan...

nape pake anonim2 segala sih... blog kan tempat terbuka... hahaha

Unknown mengatakan...

wkwkwk..qren ya dri kode g mah..hauhau

avd77juve mengatakan...

bah, ada ceping....